RSS
Facebook
Twitter

Kamis, 07 Maret 2013


1. Endless Love/Autumn In My Heart


Tahun produksi
2000
Jumlah episode
16 episode
Saluran
KBS2
Pemeran
SongHyeGyo, SongSeungHun, WonBin

Drama ini bercerita tentang EunSuh seorang anak perempuan yang harus menerima kenyataan kalau ia bukanlah anak kandung dari keluarga kaya yang selama ini mengasuhnya sejak kecil. Terungkap suatu kebenaran kalau ternyata saat kecil ia tertukar di rumah sakit saat baru dilahirkan, dan ternyata orang tua kandungnya adalah keluarga yang berkehidupan paspasan bertolak belakang dengan kehidupan keluarga yang mengasuhnya selama ini. Suatu hari kedua keluarga sepakat untuk mengembalikan anak kandung mereka masing-masing, dengan berat hati EunSuh harus berpisah dengan kakak yang sangat ia sayangi, karena selain mereka tidak hidup sebagai kelurga lagi, keluarga lama EunSuh memutuskan untuk pindah ke luar negri. EunSuh sangat terpukul, sampai ia dewasa keluarga lamanya itu kembali ke Korea dan ia sangat merindukan kakanya. Saat bertemu kembali dengan kakaknya tanpa mereka sadari rasa saying dan cinta mereka sudah bukan seperti adik dan kakak melainkan layaknya sepasang kekasih. Selanjutnya, tonton aja dramanya, dijamin menguras air mata.


 2. Glass Slippers/Glass Shoes


Tahun produksi
2002
Jumlah episode
40 episode
Saluran
SBS
Pemeran
KimHyunJoo, KimJiHo, HanJaeSuk, SoJiSeob

Bercerita tentang seorang anak yang terpisah dari kakaknya dalam perjalanan mencari keluarganya dan mengalami amnesia setelah kecelakaan yang dialaminya. Semenjak kecelakaan ia diasuh oleh keluarga sederhana. Hingga dewasa ingatannya tak kunjung pulih. Ia mencoba melamar kerja di suatu perusahaan yang ternyata itu adalah perusahaan kakeknya, yang mempertemukan ia dengan seorang pria tampan dan saling jatuh cinta. Tapi pria itu adalah tunangan dari cucu presdir yg tanpa ia ketahui cucu presdir itu adalah kakak kandungnya. Drama ini tayang perdana di TranTV sekitar tahun 2003 (kalo gue ga salah inget soalnya waktu gue masih SD tuh). Bagaimana dengan kisah cinta segitiga mereka? Yuk tonton dramanya. Oh ya, drama ini juga pernah dijiplak oleh sinetron Indonesia yang judunya Liontin yang pernah tayang di RCTI. 


3.  Full House


Tahun produksi
2004
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
31,9%
Saluran
KBS2
Pemeran
SongHyeGyo, RainBe, HanEunJung, KimSungSoong

Drama ini menceritakan tentang seorang wanita biasa yang ditipu oleh kedua sahabatnya sendiri, hingga ia kehilangan rumah yang selama ini menjadi peninggalan almarhum kedua orang tuanya, yang akhirnya mempertemukannya dengan seorang lelaki yang juga berprofesi sebagai aktor terkenal. Karena sesuatu, mereka akhirnya membuat kesepakatan untuk melakukan kawin kontrak. Drama ini banyak menyajikan kelucuan2 di dalamnya. Pasti udah pada pernah nonton ini drama kan??


4. Sassy Girl Chun-Hyang


Taun produksi
2005
Jumlah episode
17 episode
Rating rata-rata
24,4%
Saluran
KBS2
Pemeran
HanChaeYoung, JaeHee, EomTaeWoong, ParkSiEun

Drama ini mengisahkan (aiih bahasa gue..) tentang seorang siswi SMA bernama ChunHyang. Walaupun ia hidup paspasan bersama ibunya, tapi dia termasuk murid yang pandai di sekolahnya. Suatu hari ia bertemu seorang pria yang juga murid baru di sekolahnya, yang akhirnya merubah hidupnya, keadaan memaksanya untuk menikah dini dengan pria itu. Banyak scene sedih dan lucu di drama ini. Sampai beberapa episode akhirpun drama ini masi menyajikan kelucuan2. Seru sih pokonya. Editannya juga oke.


5. 18 vs 29


Tahun produksi
2005
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
15,9%
Saluran
KBS2
Pemeran
ParkSunYoung, RyuSooYoung, ParkEunHye, LeeJoongMoon

Drama ini menceritakan tentang seorang wanita berusia 29 tahun yang sudah berumah tangga. Ia mengalami amnesia setelah kecelakaan. Anehnya ingatannya hanya sampai ketika Ia masih duduk di bangku SMA dan berumur 18 tahun. Betapa sedihnya dia saat menyadari kalau dia sudah berusia 29 tahun, bagaikan masuk ke lorong waktu. Tetapi perlahan dia mulai terbiasa dan menikmati kehidupannya yang sudah tidak muda lagi ini dan membuatnya jatuh cinta untuk yang ke dua kalinya dengan suaminya. Oh ya, yang jadi suaminya waktu masih muda itu Choi Siwon Suju loh. Mukanya so cute bangeeeeet..


6. Boys Before Flowers



Tahun produksi
2009
Jumlah episode
25 episode
Rating rata-rata
28,4%
Saluran
KBS2
Pemeran
GooHyeSun, LeeMinHo, KimHyunJoong, KimBum, KimJoon

Pasti udah pada tau drama ini kan? Yapp, drama Korea remake dari drama Jepang yang mempunyai judul asli Hanayori Dango ini menceritakan tentang seorang gadis yang juga putri sulung dari pasangan suami istri yang membuka usaha dry cleaner. Yah, ga jauh dari HYD ama Meteor Garden lah, bedanya drama ini dikemas dengan teknologi-teknologi canggih Korea dan aktornya ganteng-ganteng dengan kualitas acting yang bagus juga. Kalo gue bilang si ini drama penyempurna dari drama jepangnya.


7. Brilliant Legacy/Shining Inheritance



Tahun produksi
2009
Jumlah episode
28 episode
Rating rata-rata
32,1%
Saluran
SBS
Pemeran
HanHyoJoo, LeeSeungGi, MoonChaeWon, BaeSooBin

Boleh dibilang drama ini mirip dengan kisah Cinderella, tapi dikemas dalam kebudayaan Korea. Pemeran utamanya adalah HanHyoJoo yang berperan sebagai EunSung si Cinderella yang punya ibu tiri dan saudara tiri. Tapi di BL ini, saudara tiri EunSuh tidak seperti saudara tiri Cinderella di dongeng yang jahat, namun karena ulah ibunya dan kecemburuan terhadap lelaki yang dicintainya ia (saudara tiri EunSung) lambat laun bersikap jahat terhadap EunSung. Gue  suka kisah cinta EunSung di sini soalnya dari episode pertama sampai episode 7 aja belum ada perasaan cinta diantara kedua pemeran utama, bener-bener perlahan cinta yang tumbuh diantara mereka. It’s so natural.. Gue juga suka sama style HHJ di sini, casual banget.


8. He is Beautiful/You are Beautiful


Tahun produksi
2009
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
10,5%
Saluran
SBS
Pemeran
ParkShinHye, JangGeunSuk, JungYongHwa(CNBlue), LeeHongKi(FTIsland)


Menceritakan tentang seorang gadis yang harus mengorbankan dirinya untuk menggantikan saudara kembarnya sebagai seorang laki-laki yang terpilih sebagai vokalis ke dua suatu band. Bagaimana ia menghadapi orang-orang di sekitarnya terutama 3 orang lelaki personil band A.N.JELL yang setahu mereka ia adalah pria bukan wanita. Kalo cerita-cerita di komik Jepang si udah ga asing cerita tentang perempuan yang menyamar sebagai pria, tapi di Korea cerita ini beda banget. Seru dan kocak deh.


9.  Master Of Study/God Of Study


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
23,9%
Saluran
KBS2
Pemeran
KimSooRo, YooSeungHo, LeeHyunWoo, GoAhSung, JiYeon(T-Ara), LeeChanHo

Bercerita tentang seorang pengacara yang berusaha keras untuk mempertahankan sekolah yang ingin ditutup karena prestasinya yang semakin menurun. Dia mempunyai ide untuk membuat sebuah kelas khusus yang terdiri dari murid-murid yang masih bersemangat untuk belajar. Untuk bisa terbentuk kelas itu, jumlah muridnya minimal 5 orang. Sampai batas waktu yang ditentukan akhirnya pengacara itu berhasil mengumpulkan 5 murid. Bagaimanakah keseruan-keseruan murid-murid itu di kelas khusus? Ini drama mendidik banget, dan menurut gue keren ceritanya, editan-editannya juga.


10. Oh! My Lady


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
10,3%
Saluran
SBS
Pemeran
ChaeRim, Siwon(SuJu)

Drama ini menceritakan tentang seeorang ibu rumah tangga yang single parent dengan satu anak, ia berusaha untuk mencari pekerjaan namun sulit mendapatkannya karena terbentur usia yang sudah tidak muda lagi, ia akhirnya bekerja di rumah seorang aktor terkenal sebagai pembantu. Karena seorang anak yang tidak jelas datangnya dari mana, akhirnya aktor itu terpaksa mempekerjakan wanita itu yang dipanggil ahjumma karena usianya lebih tua. Dan lambat laun sang aktor tampan itu jatuh cinta kepada ahjumma. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Beli DVDnya aja deh ya (kalo belum pernah nonton). Hehehee..


11.  Pasta


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
20 episode
Rating rata-rata
17,0%
Saluran
MBC
Pemeran
GongHyoJin, LeeSunGyun, LeeHaNui, Alex

Menceritakan tentang seorang koki wanita bernama SeoYuKyung yang bekerja di restoran Italy. Tetapi sudah hampir 2 tahun iya bekerja tapi belum pernah memegang wajan klias bertugas layaknya koki. Sejak awal bekerja, dia ditepatkan sebagai asisten dapur. Suatu hari Reatoran itu kedatangan chef kepala baru yang membuat kegaduhan degan memecat semua koki wanita dengan alasan bahwa ia tidak ingin ada cinta di dapurnya. Tetapi YuKyung tidak ingin dipecat dari tempat ia bekerja selama ini. Seiring berjalannya waktu ia menemukan pria idaman hatinya dan pria itu adalah chef kepala itu. Menurut gue ceritanya simple dan chemistry mereka dapet banget, dan akting LeeSunGyun sebagai chef  top banget deh.



12. Cinderella’s Sister


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
20 episode
Rating rata-rata
19,2%
Saluran
KBS2
Pemeran
MoonGeunYoung, ChunJungMyung, SeoWoo, TaeCyeon(2PM)

Bercerita tentang saudara tiri Cinderella sebagai pemeran utama, sebut saja namanya EunJo. EunJo mempunyai watak keras, ia berkepribadian begitu dingin. Sama seperti kisah Cinderella dalam dongeng, saudara tiri Cinderella ini ga bisa bersikap baik terhadap saudara tirinya. Bedanya kalo di dongeng, saudara tirinya itu jahat banget, kalo di sini, EunJo ga jahat, hanya jutek dan kelihatannya sudah bosan hidup tetapi ia tak mampu untuk mengakhiri hidupnya sendiri karena sebenarnya ia masih punya harapan untuk hidup bahagia bersama ibunya. Kisah cintanya dengan KiHoon terhalang oleh sang adik tiri. Ini drama pertama yang pemeran utamanya berwatak aneh, beda dari biasanya yang pemeran utama pasti diceritakan baik hati dan tidak sombong, yang pernah gue tonton.


13. Prosecutor Princess


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
10,3%
Saluran
SBS
Pemeran
KimSoYeon, ParkShiHoo, HanJungSoo, ChoiSongHyun

Menceritakan tentang seorang jaksa wanita bernama MaHyeRi yang kehidupannya glamour, shopaholic, hobinya Cuma bersenang-senang, namun ia berwatak polos. Ia memiliki daya ingat yang sangat baik dan memiliki kemampuan untuk fokus, hal itu menjadikan ia lulus ujian dengan mudah. Meski berbakat, ia lebih tertarik dengan fashion. Ia menjadi jaksa karena keinginan ayahnya. MaHyeri terlibat kisah cinta dengan seorang pengacara.  Namun cinta mereka terhalang karena masalah kedua orang tua mereka di masa lalu. So, gue suka karakter MaHyeRi ini, cukup real kalo menurut gue.



14. Baker King KimTakGu


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
30 episode
Rating rata-rata
38,2%
Saluran
KBS2
Pemeran
YoonShiYoon, JooWon, Eugene
Ini adalah drama dengan cerita paling rumit yang pernah gue tonton. Aduh saking rumitnya gue kehabisan kata-kata ga tau gimana nyeritainnya. Yang pasti dari judulnya udah ketahuan kalo drama ini menceritakan tentang pembuat roti. Konflik keluarganya bener-bener suram menurut gue. Bersetting kehidupan di era 80an (eh, iya ga sih), ceritanya seru, dari awal sampai akhir ga ada yang bertele-tele. Jadi, jangan sampai ketinggalan satu episodepun. Di sini juga memperlihatkan cara pembuatan roti ala baker-baker Korea. Pesan moralnya tu ngena banget ke gue. Sosok KimTakGu ini mengajarkan kita agar selalu berbuat baik pada setiap orang, selalu optimis, dan mencintai tidak harus memiliki. Terbukti pada 2010 drama ini dianugerahi penghargaan oleh presiden Korea Selatan karena telah menuangkan konten budaya untuk prestasi mereka. Salut deh buat screenwriternya.


15. Secret Garden


Tahun produksi
2010
Jumlah episode
20 episode
Rating rata-rata
26,8%
Saluran
SBS
Pemeran
HaJiWon, HyunBin, YoonSangHyun, KimSaRang

Drama ini menceritakan tentang seorang wanita yatim yang ekonominya paspasan dan karena sesuatu hal jiwanya tertukar dengan seorang pria kaya pewaris tunggal suatu perusahaan. Pria itu sebenarnya menaruh hati pada wanita ini bahkan sebelum peristiwa yang menyebabkan jiwa mereka tertukar. Sempet berpikir kalo drama ini aneh banget, emang bisa ya terjadi kayak gitu? tapi setelah nonton, ternyata banyak yang lucu juga terutama pas scene-scene jiwa mereka yang tertukar itu, akting HaJiWon dan HyunBin bagus banget, mencoba menirukan akting lawan mainnya itu kan ga gampang.


16.  Dream High


Tahun produksi
2011
Jumlah episode
16 episode
Rating rata-rata
17,3%
Saluran
KBS World
Pemeran
Suzy(MissA), KimSooHyun, TaeCyeon(2PM), EunJung(T-Ara), WooYoung(2PM), IU

Drama ini bercerita tentang 6 orang remaja yang terdiri dari 3 pria dan 3 wanita. Salah satunya bernama Samdong, seorang siswa berasal dari desa, yang tidak mengerti mengapa ia dipanggil untuk masuk Kirin Art High School. Persaingan kerap terjadi diantara mereka, yang akhirnya menyadarkan mereka bahwa persahabatan itu lebih berharga dibandingkan segalanya. So, drama ini ga ketinggalan seru ama drama lainnya.


17. 49 Days


Tahun produksi
2011
Jumlah episode
20 episode
Rating rata-rata
14,1%
Saluran
SBS
Pemeran
LeeYoWon, NamGyuRi, JungIlWoo, JoHyunJae

Drama ini bercerita tentang seorang wanita yang mengalami keputus asaan dalam hidup dan mencoba mengakhiri hidupnya dengan menabrakkan diri ke mobil yang sedang melintas di jalan, namanya adalah SongYiKyung. Karena ulahnya, bukan dia yang mati tapi justru orang lain yang tidak tau apa-apa menjadi korban dalam tragedi ini. Korbannya yang juga seorang wanita ini mengalami koma dan arwahnya berkeliaran (wihh, serem ya ngedengernya), sebut saja namanya ShinJiHyun. Di dunia lain JiHyun bertemu dengan scheduler tampan, dan akhirnya diberi kesempatan untuk menyelesaikan urusannya di dunia dengan meminjam tubuh seorang wanita (SongYiKyung) dalam waktu 49 hari. Tanpa ia ketahui wanita itu adalah penyebab kecelakaan yang dialaminya. Walaupun ga bisa diterima nalar, drama ini bener-bener seru dan beda deh.

18. City Hunter


Tahun produksi
2011
Jumlah episode
20 episode
Rating rata-rata
17,2%
Saluran
SBS
Pemeran
LeeMinHo, ParkMinYoung, LeeJoonHyuk

Drama ini bergenre drama action, diangkat dari manga/komik Jepang, tetapi dikemas secara modern. Menceritakan tentang seorang lelaki berkebangsaan Korea yang tumbuh besar di Thailand, ia dibesarkan oleh ayahnya seorang diri dengan didikan keras. Sejak kecil ia sudah diajarkan berperang, ilmu bela diri, menembak dsb. Setelah dewasa ia kembali ke Korea dan menjadi City Hunter dengan aksi-aksinya mengungkap kebenaran dan membasmi kejahatan (jiahh uda kaya ksatria baja hitam). Kalo menurut gue si mirip-mirip sama Batman The Dark Knight. Sama-sama ga mau identitas aslinya terbongkar, sama-sama ada satu jaksa muda yang jujur dan menegakkan keadilan. Kalo di Gotham namanya Harvey Dent, di Seoul namanya KimYoungJoo. Itu aja si kemiripannya, bedanya di City Hunter ga ada penjahat sekelas Joker (kalo psikopat yang mirip Joker mah adanya di King2Hearts).


Sekian drama Korea yang bisa gue ulas berdasarkan pengalaman gue yang udah nonton. Oh ya, semua drama di atas adalah drama yang pernah tayang di stasiun TV Indonesia. Mungkin bisa jadi rekomendasi buat teman-teman semua yang lagi hunting drama-drama Korea dan mungkin kebetulan ada satu atau beberapa drama di atas yang belum pernah teman-teman tonton. Tapi ini masih belum termasuk drama seri Korea 2012 juga drama-drama saeguk Korea dan drama-drama seri yang jumlah episodenya berpuluh-puluh bahkan ratusan seperti You Are My Destiny dan Pink Lipstick. Maaf kalau terdapat banyak kesalahan dalam tulisan ini. Makasih uda nyimak.. ^^

http://allabouthazty.blogspot.com/2012/10/daftar-drama-korea-populer-sepanjang.html

3 komentar:

komentar disini ya !

  • Yang ikut-ikut nih ....

  • isi bahasa mu!



  • Get this widget!